Apa kata HRD tentang kamu?

Memang benar generasi milenial sering disebut generasi pintar. Generasi milenial akan membawa perubahan besar dalam kehidupan masyarakat. Maka itu, memang perusahaan membutuhkan generasi milenial untuk pengembangan perusahaan. tapi nyatanya, ada beberapa hal yang gak disukai dari HRD dari kamu sehingga buat mereka bener-bener cermat dalam memilih generasi kamu.

Berikut beberapa alasannya:

1. Sulit Berkomunikasi

Kamu memang bagian dari generasi yang cerdas dan kreatif. Kamu tak suka menjadi pengikut, dan lebih suka menjadi individu yang bebas. Tapi, bekerja di perusahaan membutuhkan kerja sama tim, saling kordinasi, dan diskusi. Banyak perusahaan mengeluhkan tentang kemampuan kamu dan teman-teman seusiamu terkait hal ini.

2. Masalah Kepercayaan Diri

Di generasi kamu, ada orang yang PeDe banget, ada yang Minder banget loh. Padahal generasi kamu adalah yang paling beruntung karena banyak kemudahan teknologi untuk mendukung kamu belajar, sehingga bisa lebih PeDe ketika bekerja. Kenyataannya, perusahaan sih seneng kalo kamu PeDe banget, asalkan tetap menghormati atasan dan orang yang lebih tua. Perusahaan juga berharap agar kamu jangan minder, supaya mereka juga gak sulit untuk mengarahkan kamu.

3. Merusak Tradisi

Generasimu memang senang dengan hal baru. Jika ada cara yang lebih baik untuk mencapai sesuatu, mengapa harus pakai cara lama? Apakah tidak ada cara yang lebih baik? Perubahan merupakan hal penting buat kamu. Buat perusahaan, ini bagus kok. Tapi perlu diingat, jangan sampai perubahan yang ingin kamu buat, justru merusak hubungan harmonis antara kamu dengan karyawan lain. Kuncinya : Berpikiran Terbuka. Kalo saat ini ide kamu belum diterima, tenang aja dulu. Cek lagi, apakah cara penyampaian kita yang kurang tepat, atau ada ide lain yang lebih cocok.

4. Tidak Takut Kehilangan Pekerjaan

Ketika ada sesuatu yang tidak sesuai keinginan, generasimu cenderung mudah saja berkata, “Pekerjaan ini tidak cocok dengan saya,” dan mulai melirik perusahaan lain. Berganti pekerjaan itu tidak ada salahnya. Gak masalah sih tiap tahun kamu berganti pekerjaan. Tapi kita juga harus mengerti pentingnya menyesuaikan diri. Bila kita menuntut kebijakan fleksibel dari perusahaan, kita juga harus siap bersikap fleksibel terhadap tuntutan pekerjaan. Adaptasi adalah bagian penting dari profesionalisme.

5. Perilaku di Social Media

Sebagai generasi yang gak bisa hidup tanpa medsos, tentunya aktivitas di pekerjaan kamu sangat menarik ya untuk diposting. Tapi inget ya, Perusahaan gak suka kalo rahasia perusahaan tersebar ke public, ataupun ada kelakuan buruk kamu sebagai karyawan yang terposting di medsos. Perusahaan juga punya nama baik kan yang harus dijaga. Jadi, ada baiknya kita juga berhati-hati saat posting di medsos ketika terkait dengan aktivitas pekerjaan.

Melihat hal ini, tentunya kamu harus meningkatkan kualitas dirimu agar tidak sampai dianggap buruk oleh HRD. Tunggu artikel kami selanjutnya untuk mengetahui caranya untuk mengatasi hal – hal tersebut ya 🙂